Thursday 1 January 2015

Sejarah Islam di Afrika dan Eropa Barat

Sejarah Islam di Afrika dan Eropa Barat

# Penyebaran Islam ke Afrika utara
           Mesir merupakan gerbang dri penaklukan Afrika Utara. Penaklukan Mesir di pimpin oleh “Amr Bin Ash” pada masa khalifah Umar Bin khathab. Pada masa khalifah Umar Bin Khathab pasukan Byzantium memang sudah terusir dari wilayah Syiria, namun mereka masih mengancam dari Mesir.Kedekatan wilayah antara Syiria dan Mesir menjadi ancaman, maka Amr Bin Ash meminta izin kepada Umar untuk menaklukan Mesir. Pertempuran bersejarah terjadi ketika penaklukan Iskandariyah. Di kota ini pusat kekuatan Byzantium.
           Setelah berhasil menaklukan Mesir. “Amru Bin Ash” sempat menaklukan juga wilayah di luar mesir seperti Tripoli. Setelah Umar wafat di ganti oleh Utsman. Masa inilah “Amr Bin Ash” sebagai gubernur Mesir di gantikan oleh “Abdullah BinAbi Sarh”.



 # Penyebaran Islam ke Andalusia
1.     Penaklukan Andalusia
            Andalusia adalah merupakan sebutan orang arab untuk semenanjung liberia. Andalusia berasal dari kata Andalusy, kota ini di gunakan oleh bangsa Arab untuk menyebut bangsa Vandal. Sekarang ini terbagi menjadi negara Spanyol dan Portugal.
            Penyebaran Islam ke Andalusia terjadi pada masa pemerintahan Khalifah “Walid Bin Walid” (705-715) beawal pada tahun 710M mangkatlah “Witiza” (Raja Gothia di Andalusia) dan singasananya di duduki secara paksa oleh panglimanya “Roderik”, maka semua putra “Witiza” dendam pada “Roderik” dan ingin merebut kembali kedudukan mendiang ayahnya, untuk usaha ini mereka bersekutu dengan “Graf Yulian” yang juga musuh “Roderik”



2.     Daulah Bani Umayyah di Andalusia
            Penyebaran dan keberadaan Islam di Andalusia pada masa selanjutnya di kawal oleh Bani Umayyah II, Daulah ini di dirikan oleh “Abdurrahman Bin Muawwiyah” yang di kenal dengan nama “Andurrahman Bin Al-Dhakhil”, dia merupakan keturunan Khalifah Daulah Bani Umayyah I Damaskus.

            Daulah Bani Umayyah II mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Khalifah “Abdurrahman III”. Pada masa ini wilayah kekuasaan Daulah Bani Umayyah II meliputi semenanjung Liberia dan sebagian pesisir selatan lautan Medeterania, kekuasaannya di akui dari Tihart sampai Sijil masa.


No comments:

Post a Comment